Laporan Perjalanan Talk Show “Blog as a Business”

Karena terlalu panjang kalau harus diceritakan secara detil — dan secara pembaca blog ini sering komen ngasal kalau tulisan di sini kepanjangan, hehehe — maka laporan perjalanan selama, sebelum, dan sesudah acara talk show “Blog as a Business” akan saya tulis berdasarkan poin-poinnya saja. Semoga bisa memperjelas juga kenapa kok ada praktisi akademis yang malah berniat untuk mundur dari dunia blog gara-gara hadir ke seminar tersebut, hehehe. Yuk mari disimak.

  • Seperti biasa, berangkat ke Jogja dengan naik kereta api Sancaka. Pihak panitia sebenarnya sudah menawarkan tiket pesawat, namun kayaknya sayang duitnya kalau cuman ke Jogja aja harus naik pesawat, hehehe. Sempat stuck selama hampir 1/2 jam di suatu tempat (lupa dimana), jadinya baru sampai di Jogja pukul 12.30, terlambat 20 menit dari jadwal.
  • Sesuai dengan janjian sebelumnya, panitia menjemput saya di Malioboro Mall pada pukul 14.00 siang. TikaBanget yang berjanji untuk turut menjemput ternyata lebih memilih untuk bercengkrama dengan NdoroKakung dan AntoBilang di cafe nangis
  • Dari mall berlanjut ke cafe (Own Cafe yah kalau gak salah namanya) untuk menjemput ketiganya. Di sana tidak hanya bertemu dengan Om Wicak dan mas Anto, tapi juga rekan-rekan blogger yang lain (yang rata-rata sudah masuk dalam kategori seleb), termasuk Zam, mbak Fany, dan Herman Saksono. Tika? Lagi sibuk nyalon ternyata…
  • Akhirnya sampai juga di MM UGM. Setelah menunggu dan menunggu, formasi lengkap moderator + speaker baru bersatu pada sekitar pukul 15.45, 25 menit sebelum acara dimulai. Hebatnya lagi, konsepnya malah belum sepenuhnya siap konslet
  • Masuk ke ruangan Student Lounge, tempat diselenggarakannnya seminar, pada pukul 16.30. Ya, terlambat dari jadwal acara yang sedianya dimulai pukul 16.10 ituh. Acaranya sendiri akhirnya baru dimulai pada pukul 16.45 karena menunggu peserta seminar yang juga banyak yang terlambat.
  • Setelah perkenalan dan basa-basi, acara talk show pun benar-benar dimulai. Seminar dibagi menjadi 3 sesi, yaitu sesi “Perkenalan Blog”, sesi “Blog as a Business”, dan sesi “Tanya Jawab dan Kesimpulan”. Untuk pembahasan-pembahasan di masing-masing sesi dapat dibaca di blognya NdoroKakung dan laporan pandangan mata langsung dari Sandal a.k.a Yeni Setiawan. Beberapa poin penting dari seminar nanti akan saya bahas di artikel tersendiri.
  • Sesi ketiga berlangsung secara tidak jelas ayuk Dari tanya jawab, langsung masuk ke pembagian door prize, dan berakhir dengan foto-foto serta penyerahan souvenir. Kesimpulannya? Entah, mungkin memang tidak ada yang bisa perlu disimpulkan, secara yang berada di depan sudah dianggap sebagai makhluk-makhluk aneh, hehehe.
  • Karena hari Jum’at kemarin adalah hari kerja terakhir untuk perpanjangan KTP, saya memilih untuk langsung pulang di Rabu malam. Rencana untuk sukarela dibawa kemana saja malam itu pun terpaksa dibatalkan karena sebelum pulang masih ada keperluan mendadak yang harus diselesaikan. Karena malam hari tidak ada kereta api yang mengarah ke Surabaya (kecuali kalau mau menunggu yang dari Bandung jam 2 pagi), maka saya memilih pulang dengan naik bis. Antobilang dengan penuh perhatiannya mengingatkan saya untuk tidak naik Sumber Kencono. Tenang bro, saya selalu naik Eka kok kalau dari Jogja ke Surabaya🙂
  • Dalam perjalanan pulang, entah kenapa bisnya sampai di Surabaya agak terlambat (05.00), padahal lumayan ngebut juga nyetirnya. Saya berangkat sekitar pukul 22.00 malam, berarti seharusnya tiba di tujuan pukul 03.00 – 04.00 pagi. Tapi bagus lah, gak harus pulang pagi-pagi buta naik taksi, secara dulu pernah sampai di Surabaya jam 4-an pagi, dan di perjalanan pulang kena razia polisi, dipikirnya orang baru pulang dugem, hehehe.
  • Istirahat sebentar dan siangnya perpanjangan KTP. Ternyata sekarang biayanya sudah fixed, gak seperti dulu yang “seikhlasnya”🙂 Yang bikin kecewa, mau ngerubah status dari mahasiswa ke wirausaha gak bisa, harus ganti KSK dulu ternyata. Lebih bete lagi, kok sekarang photonya hitam putih yah? Apa karena tintanya habis?

Sedikit catatan tambahan:

  • Sambutan dari blogger Jogja, panitia, dan pihak MM UGM sendiri sangat memuaskan. Secara pribadi saya merasa nyaman selama ada di sana.
  • Sayang tidak banyak bertemu dengan pembaca blog ini, terutama yang aktif berkomentar. Mungkin hanya master review film ini saja yang saya ingat. Saya sendiri tidak menyangka jumlah tiket masuk sangat terbatas sehingga kabarnya sudah sold out sejak hari sebelumnya. Selain itu, info dari panitia, ada beberapa orang yang memaksa untuk bisa mendapat tiket karena ingin bisa bertemu dengan saya. Thanks guys, lain kali kita pasti bisa kopdar dan ngobrol banyak kok. Semoga.
  • Acara seharusnya dapat berlangsung lebih baik. Hanya saja mungkin kurang persiapan sehingga materi yang dibahas kurang sesuai dengan topik. Kalau boleh mencoba berkomentar dari sudut pandang audience, topik talk show kemarin lebih personal blog-sentris, sedang poin making money from blog sendiri malah kurang dalam digali.
  • Moderator dan dua pembicara lainnya sungguh luar biasa. Saya harus banyak belajar dari mereka, termasuk bagaimana caranya untuk berkomunikasi dengan peserta seminar. Teman-teman, terimalah saya yang newbie ini jadi murid kalian yah…

Beberapa laporan lain dapat dibaca di sini, sini, sini, dan sini.

PS: Photo menyusul.

Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 16 February 2008. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.
%d blogger menyukai ini: