Tidak Ada Lagi Kesempatan Mendapatkan $2255 Itu

Google AdSense melalui blog resminya mengumumkan penghapusan sistem referral Google AdSense untuk publisher yang berdomisili di luar Amerika Utara, Amerika Latin, Jepang. Ya, termasuk Indonesia tentunya. Dengan demikian, kita tidak bisa lagi mempromosikan referral link kita, mengumpulkan downline sebanyak-banyaknya, dan berharap mendapatkan komisi hingga $2255 seperti yang dulu dijanjikan. Satu lagi bukti bahwa Google AdSense semakin tidak mempedulikan publisher?

We’ve found that this referral product has not performed as well as we had hoped in these regions.

Itu dalih yang diberikan oleh pihak Google AdSense. Ya, memang, hingga detik ini saya belum menemukan ada publisher yang berhasil mendulang komisi referral sebesar $2255. Namun dari komisi $5 dan $250, saya yakin jumlahnya tidak sedikit. Dengan suntikan referral baru setiap hari, saya pun sudah terbiasa mendapatkan komisi-komisi tersebut.

Apa itu tetap berarti tidak performed well?

Atau mungkin dana komisinya sudah habis dipakai jalan-jalan liburan akhir tahun kemarin?

Entahlah. Tapi di sisi lain, bisa jadi ini merupakan efek dari banyaknya orang-orang serakah yang menghalalkan segala cara demi mendapatkan bonus referral tersebut. Misalnya dengan membuat e-book atau kursus yang materinya tidak dapat dipertanggungjawabkan. Modus utamanya, (1) menggiring orang untuk mendaftar ke Google AdSense melalui link referralnya; (2) memberikan cara cepat untuk mendapatkan $100; dan (3) berharap orang tersebut tidak dibanned sehingga ia mendapatkan komisi referral untuk orang tersebut.

Hmmm, jadi ingat. Tanggal 11 besok di AJBS ada seminar “Cara mendapatkan uang dari Google” atau semacam itulah. Yang menyelenggarakan EastJava.com. Yang di Surabaya, dateng yuk. Nanti kalau seminarnya ngajarin cara-cara gak bener, kita hujat ramai-ramai di blog, hihihi.

Cek Whois EastJava.Com, eh ternyata yang punya (atau setidaknya yang mendaftarkan domain tersebut) tempat tinggalnya deket rumahnya bos Rony. Jangan-jangan juragan parkir itu yang nyelenggarain seminar, hehehe.

Anyway, kembali ke topik, penghilangan referral AdSense ini dikatakan akan berlaku “secepatnya”, namun sepertinya akan diimplementasikan pada akhir bulan Januari ini dalam bentuk penghapusan pilihan Google AdSense pada bagian Referrals yang ada di AdSense Setup area akun AdSense Anda. Perubahan ini tidak mempengaruhi produk-produk referral yang lain seperti Firefox, Google Pack, dan lain sebagainya.

Sebagai catatan, publisher yang berdomisili di Amerika Utara, Amerika Latin, dan Jepang masih dapat mempromosikan referral link AdSense mereka, namun dengan “sedikit” penyesuaian terhadap komisi yang diperoleh.

We have decided to conclude this experiment and return to the original pricing structure. As a result, we’ll soon no longer be offering the $5 bonus or $2000 bonus, and the payout for referring a user who generates $100 with AdSense in the first 180 days will return to $100.

Ada pendapat?

PS: Gambar diambil dari http://www.cartoonstock.com

Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 9 January 2008. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.
%d blogger menyukai ini: