Nukman Luthfie: “Wirausaha Online Akan Semakin Tinggi Pertumbuhannya”

Rasanya kurang afdol kalau seri wawancara “Prediksi Bisnis Internet Indonesia 2008” tidak dibuka oleh penggede dunia bisnis online atau internet marketing lokal sendiri, bapak Nukman Luthfie. Pengaruh dan kapabilitasnya di bidang ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Dua portal bisnis, Niriah.Com (bisnis syariah) dan PortalHR.Com (portal human resources), hanyalah segelintir buktinya. Namun di tengah waktunya yang padat (waktu saya kontak, beliau sedang bersiap untuk meeting), pak Nukman masih mau meluangkan waktunya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan interview ini melalui imel. So, ayo duduk manis dan silahkan disimak jawaban-jawaban beliau🙂


Bagian berikut ini sama persis dengan jawaban yang diberikan oleh narasumber, tanpa ada bagian yang diubah / dimodifikasi, kecuali penambahan tautan (jika ada), koreksi typo, dan format tulisan (cetak tebal, miring, dll).

Bagaimana pendapatnya tentang perkembangan bisnis internet Indonesia di tahun 2007 barusan?

2007 itu tahun bangkitnya bisnis dotcom. detailnya dapat dibaca di blog saya. Pada saat yang sama, pengguna Internetnya meningkat cukup pesat, menjadi sekitar 22 juta orang. Semakin banyak perusahaan yang membelanjakan uangnya di internet, baik untuk membangun situs mereka atau untuk pemasaran via Internet. Saya perkiraan belanja iklan di online saja telah mencapai lebih dari 60 miliar, itu tidak termasuk biaya pengembangan portal dan sejenisnya.

Apakah di tahun 2008 nanti kondisi tersebut akan bertahan atau mengalami perubahan?

2008 akan semakin membaik karena didorong oleh meningkatnya perekonomian indonesia setra memanasnya situasi politik menjelang pemilu 2009. Partai politik akan memanfaatkan internet sebagai medium untuk mempengaruhi opini publik. Dan ini butuh biaya tidak kecil.

Dengan semakin banyak masyarakat yang melek akan potensi bisnis online, apakah ini akan membawa perubahan dalam kondisi bisnis offline di Indonesia?

Tentu saja dengan semakin banyaknya masyarakat yg paham potensi pasar Internet, mereka akan berusaha mendapatkan benefit dari sana. Akan semakin banyak pribadi-pribadi atau ukm yang akan memperluas pasar offline (jika mereka punya produk atau jasa sendiri) mereka ke online atau membangun jasa yang mempertemukan pembeli dan penjual di online.

Bagaimana dengan UKM?

UKM akan banyak didorong oleh pemerintah masuk ke interner. Mereka sendiri kini semakin sadar dengan potensi Internet karena beberapa UKM sudah membuktikan diri bisa mengembangkan bisnisnya dan menembus ekspor via Internet.

Peran pemerintah dalam membantu pengembangan bisnis internet hingga sekarang terasa masih kurang. Bagaimana dengan tahun 2008 nanti?

Sulit menebak peran pemerintah di tahun 2008 untuk UKM go online. Justru yang saya lihat bakal banyak mendorong UKM go online adalah para pelaku bisnis, terutama penyedia solusi Internet mulai dari hardware, software, isp dan sejenisnya. Beberapa portal bisnis seperti Bisnis.com, Niriah.com, Portalhr.com, misalnya, justru akan banyak merangsang UKM go online.

Bagi individu / personal, bagaimana prospek “make money from blog” di tahun 2008?

Beberapa perusahaan sudah membelanjakan iklan di blog tahun lalu. Tahun ini akan semakin besar, baik rupiahnya maupun jumlah perusahaanya. Maka bagi mereka yang punya blog, ngebloglah dengan profesional dan lakukanlah upaya branding agar dikenal para pemasang iklan.

Apa yang kira-kira akan menjadi andalan bagi blogger di tahun 2008? Apa akan masih tetap mengidolakan Google AdSense?

Blogger yang pas-pasan trafiknya mau tak mau hanya bisa mengandalkan adsense. Namun blogger profesional akan berusaha mendapatkan pemasang iklan lansung.

Bagaimana dengan bisnis affiliasi dan “wirausaha” online (berjualan produk sendiri)? Mana yang akan lebih berkembang di tahun 2008?

Saya perkiraan bisnis afiliasi kurang bagus perkembangannya tahun depan. Masih tumbuh, tapi tidak akan sekencang tahun lalu. Sebaliknya, wirausaha online akan semakin tinggi pertumbuhannya.

Program PPC lokal mulai bermunculan, seperti Affiliates Indonesia, KumpulBlogger, dll. Bagaimana pendapatnya tentang ini? Bagaimana prospek mereka di tahun 2008?

PPC lokal masih harus menghadapi tantangan besar untuk bisa meyakinkan pemasang iklan lokal. Mereka harus mengatasi hal ini dulu, dan baru akan memetik hasil dua tahun ke depan.

Apa harapan bagi dunia bisnis internet Indonesia di tahun 2008? Ada pesan-pesan khusus bagi pebisnis internet Indonesia?

yang ini tidak usah saya jawab ya..


Professional Blogging dan Brand Blogging, kedua hal itu adalah salah satu poin yang tersirat dalam hasil wawancara dengan bapak Lukman Nuthfie (kalau tidak salah, beliau juga membawakan materi tersebut dalam ajang Pesta Blogger 2007 lalu). Pertanyaannya, sudahkah Anda melakukannya?

Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 6 January 2008. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.
%d blogger menyukai ini: