Prediksi Bisnis Internet 2008

Sebetulnya saya ingin menuliskan tentang keputusan saya untuk beralih dari Google AdSense dalam sebuah artikel tersendiri, namun saya batalkan karena sebagian besar materinya juga sudah ada yang “membocorkan” di sini, hehehe. Jadinya saya putuskan untuk menggabungkannya dengan tulisan ini saja, “Prediksi Bisnis Internet 2008″. Bidang bisnis internet mana yang sebaiknya digeluti? Atau sebaliknya, mana yang harus mulai ditinggalkan? Semua ada gambarannya di artikel ini. Tapi ingat, seluruhnya murni ramalan versi saya sendiri, tanpa dipengaruhi oleh pihak-pihak manapun. Jadi jika nantinya meleset, ya dimaklumi saja, kan saya bukan Mama Laurent, hehehe.

Google AdSense

Rasanya paling pantas kalau yang dibahas perdana adalah mengenai Google AdSense, toh pada awalnya blog ini memang berfokus pada program itu saja.

Nah, jika Anda adalah seorang publisher AdSense dan terus mengikuti dan menjalani sendiri perkembangan Google AdSense sepanjang tahun 2007 ini, rasanya Anda pasti akan sepaham apabila saya katakan bahwa telah terjadi banyak metamorfosis. Sayangnya bukan ke arah kebaikan, melainkan ke arah yang semakin menyudutkan kita sebagai publisher.

Meskipun fitur demi fitur baru bergantian bergulir, namun itu hanya dari sisi backend saja. Pada pelaksanaan di lapangan, semakin lama semakin nyata bahwa Google lebih mengutamakan pemasang iklan AdWords dan kegemukan dompet mereka sendiri dibandingkan kesejahteraan publisher.

Yang salah? Entahlah. Tapi yang jelas, anggota tim Google AdSense saat ini semakin mudah dalam menjatuhkan talak tiga. Bahkan kadang terkesan sengaja mencari-cari alasan untuk melakukan banned, baik banned akun maupun banned situs atau domain. Yang lebih lucu lagi, sekarang antar staff tim tidak lagi ada koordinasi dan masing-masing seolah bekerja sendiri sambil berlomba menjegal publisher. Bukankah hal yang tidak wajar apabila oleh si A kita dinyatakan tidak melanggar TOS namun oleh si B kita dituduh melakukan pelanggaran?

Mungkin ada yang berpikir, saya menulis seperti ini karena saya sudah dibanned atau penghasilan saya menurun jauh. Sama sekali tidak! Akun saya masih baik-baik saja dan earning saya baik-baik saja. Yang saya sebutkan adalah fakta sesuai dengan yang saya alami dan saya rasakan sepanjang tahun 2007, ditambah dengan pengalaman teman-teman yang lain yang curhat kepada saya.

Kesimpulannya, Google AdSense is NOT the future. Tidak, Google AdSense tidak akan mati. Toh nyawa perusahaan Google ada di sana. Namun bagi publisher, perjuangan untuk bertahan hidup di belantara AdSense akan semakin berat.

Tentu saja keadaan ini bisa berubah. Kuncinya ada pada tahun 2008 ini. Apabila pemasang iklan semakin diangkat dan publisher semakin ditekan, ya sudah, tamat. Apabila staff Google AdSense semakin tidak jelas kinerjanya, ya sudah, tamat.

Nah, jika Anda sedang dalam rangka meniti karir di jalur Google AdSense, USAHAKAN SECEPATNYA. Jika selama ini masih lihat-lihat keadaan dan bahkan belum mendaftar ke AdSense, MULAI SECEPATNYA. Jika sudah mapan di AdSense, SELINGKUH SECEPATNYA.

It’s now or never“, kalau orang bule bilang.

Domain Parking

Bisnis tukang parkir memang fenomenal. Meskipun bukan bisnis baru, namun geliatnya di Indonesia dimulai sejak sekitar kuartal 2 tahun 2007. Satu demi satu, dengan sistem kerjanya yang relatif mudah, pemain-pemain dompark sukses bermunculan. Penghasilan puluhan juta per bulan pun menjadi hal yang biasa bagi mereka.

Di tahun 2008 ini, bisnis domain parking di Indonesia akan terus berjaya dan saya rasa akan mencapai puncaknya pada sekitar kuartal 2 dan 3. Meskipun sekarang belum, namun prediksi saya, tekanan kepada pihak PPC atas iklan-iklan ke situs parkiran semakin lama akan semakin besar, dan pada titik tertentu akan memaksa mereka untuk melarang dengan tegas situs-situs jenis tersebut.

Yang jelas, para tukang parkir masih punya banyak waktu untuk berpesta dolar🙂

PTR/PTC

Dunia PTR/PTC saya rasa tidak akan mengalami banyak perubahan. Datang dan pergi silih berganti. Namun asalkan kita jeli dalam memilih program dan berani berspekulasi (baca: berinvestasi) di program tersebut, maka jalan sukses di bidang ini dapat dicapai. Dan bukan receh!🙂

Affiliate

Affiliate adalah salah satu bidang bisnis internet yang tidak akan pernah mati, bahkan akan semakin kuat dari waktu ke waktu. Demikian pula di tahun 2008. Bahkan jika Anda ingat, Google AdSense pun sudah merambah ke iklan berjenis affiliate. Ini wajar karena bagi advertiser, khususnya pemilik produk, promosi dengan sistem affiliate merupakan metode yang paling efektif dan menguntungkan.

Jadi jika Anda masih alergi dengan bisnis affiliate, saya sarankan untuk lekas-lekas berobat, hehehe.

Internal Ads Network dan Self Product

Bagi saya, di dua elemen inilah sebenarnya kunci dari kesuksesan bisnis internet di masa mendatang. Kita harus bisa melepaskan diri dari belenggu jaringan iklan luar dan lebih mengembangkan potensi jaringan iklan di dalam situs-situs kita. Menariknya, di kuartal 4 2007 lalu, geliat ke arah sana sudah mulai terasa. Apa mungkin terinspirasi oleh keputusan saya untuk menerima iklan di blog ini? *ge-er*

Jangan lupa, saat Anda menjadi publisher AdSense, Adbrite, domain parking, affiliate, dan sebagainya, secara tidak langsung Anda adalah bawahan mereka. Kelangsungan hidup Anda berada di tangan mereka, bukan di tangan Anda sendiri. Jadi sebenarnya, sesukses apapun Anda, selama masih berstatus sebagai publisher, kelangsungan bisnis internet Anda sebenarnya ada di ujung daun lontar.

Bagaimana dengan self product? Untuk yang satu ini sepertinya masih jarang dilirik oleh pebisnis internet. Kalau pun ada, buntut-buntutnya kualitas produknya patut dipertanyakan. E-book yang isinya sekedar copas sana-sini lah, script yang ternyata modifikasi dari versi nulled script lain lah, dan lain sebagainya. Padahal di tengah gencarnya produk dari luar dan masih banyaknya peminat bisnis internet yang kurang mengetahui ilmunya, pasar untuk produk-produk lokal masih terbuka lebar.

Salah satu contoh nyata adalah Anne Ahira dengan Asian Brain-nya. Di luar pro dan kontra yang terjadi, harus diakui bahwa pada faktanya “produk” tersebut laku keras di pasaran. Selain itu ada pula JogjaCamp dengan produk-produk scriptnya, MarketBiz dengan produk-produk seminarnya, IMR-Surabaya dengan produk-produk kursusnya, dan masih banyak lagi. Apapun bentuknya, semua itu adalah bukti bahwa potensi menjajakan self product di dunia bisnis internet amat sangat menggembirakan.

Bahkan pada saat Anda tidak punya produk untuk dijual sekalipun, Anda juga bisa bekerjasama untuk menjual produk milik orang lain. Memang masih mirip dengan affliate, tapi setidaknya rantai belenggunya tidak terlalu erat.


Kesimpulannya:

  • Lakukan diversifikasi bisnis. Jangan tergantung pada satu lini saja.
  • Sepanjang tahun 2008, arahkan jalan Anda ke wirausaha bisnis internet dengan menjual jaringan iklan dan produk milik Anda sendiri. Setidaknya, buatlah pondasinya terlebih dahulu untuk persiapan di tahun-tahun mendatang.
  • Yang terutama, apabila tahun 2007 Anda masih banyak “bengong”, di tahun 2008 ini saatnya untuk action! Pemain akan makin banyak, persaingan akan makin ketat, mau tunggu apa lagi?

Bagaimana prediksi Anda?

Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 2 January 2008. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.
%d blogger menyukai ini: